Apakah kamu…

  • jurnalis muda (18-30 tahun) yang peduli dan suka meliput isu masyarakat madani/masyarakat sipil/lembaga swadaya masyarakat/organisasi non pemerintah? (nggak harus ngerti apa bedanya empat istilah itu, toh saya juga nggak paham betul soal itu, hehehe)
  • berasal dari negara berkembang? (karena kamu bisa bahasa Indonesia, saya asumsikan kamu orang Indonesia, yang tentunya adalah negara berkembang, artinya.. selamat! kamu memenuhi satu kriteria)
  • cukup lancar berbahasa Inggris, atau Perancis, atau Spanyol? (setidaknya buat urusan liputan lah ya)
  • ingin liputan ke luar negeri tapi belum pernah dikirim sama kantor? XD

Kalau jawabanmu adalah YA untuk tiga pertanyaan pertama — pertanyaan terakhir mah nggak serius hahaha, maka kamu punya kesempatan EMAS untuk mendapat satu dari EMPAT beasiswa liputan CIVICUS World Assembly tanggal 8-12 September 2011 di Montreal, Kanada. Biaya perjalanan, akomodasi, dan pendaftaran acara dibayarin penuh.

Cara daftarnya, cuma kirim curriculum vitae, contoh tulisan, plus artikel 250 kata tentang kenapa masyarakat sipil penting berinteraksi dengan media massa, ke rowena.macnaughton@civicus.org sebelum 15 Juni 2011. Semuanya dalam bahasa Inggris ya. Jangan suruh si Rowena-entah-siapa itu pakai Google Translate -___-

Jurnalis yang terpilih bakal diberi tahu sebelum 30 Juni 2011. Info lebih lanjut silakan cek http://bit.ly/lMNWXw

Mungkin kamu pikir, ah, tinggal enam hari lagi, mepet.. Udah gitu kesempatannya cuma buat empat orang jurnalis pula… Males, ah. *toyor pembaca yang jurnalis, muda, punya kesempatan, tapi kebanyakan alesan* Ingat ya, di mana ada kemauan, pasti ada jalan! Jadi ambillah kesempatan ini!

Lalu.. CIVICUS? Makanan apa itu? Kalau kata situs webnya sih, ini semacam aliansi partisipasi warga untuk dunia yang lebih baik. Dalam sidang umumnya, grup masyarakat sipil internasional, lembaga donor, dan perwakilan pemerintah dipertemukan. Kalau kamu baru tahu, nggak usah minder… saya juga baru tahu kok. Er.. kenapa saya terus yang jadi patokan ya.. oh, saya tahu, ini kan blog saya. *ga penting*

Omong-omong, banyak banget lho kesempatan bagus buat kita yang informasinya seliweran di depan saya. Kapan-kapan kalau sempat, nanti saya bagi lagi di sini.

Informasi kali ini saya dapat dari Gina Romero, kawan dari OCASA, Kolumbia. Muchas gracias, Gina!