Masih Dua Tahun Lagi

Baru setengah tahun lewat tanpa saya berpeluh mengejar dan meracik berita di lapangan. Malam ini saya iseng membaca milis kawan-kawan jurnalis di salah satu bekas pos liputan. Seorang teman yang juga sudah tidak liputan di sana bilang dia kangen. Tiba-tiba saya pun disergap rindu…

Jadi jurnalis sejauh ini bagi saya adalah pekerjaan yang melelahkan, kadang menegangkan dan menyebalkan, tapi juga menyenangkan. Pas kerja, kerasa capeknya ngejar-ngejar narasumber, ngemper nungguin acara kelar, keki kalau pertanyaan nggak dijawab si narasumber, ribetnya transkrip wawancara, dimarahi narasumber, buru-buru nulis berita, belum lagi wajib memenuhi pesanan berita dari bos-bos di kantor… dan merenungi gaji yang nggak bakal bisa bikin kaya selama integritas terjaga, hahaha.

Tapi lelah itu ditebus dengan senangnya punya beragam teman wartawan, apalagi sistem rotasi di tempat kerja yang supercepat ketimbang media lain membuat saya selama tiga tahun mencicipi liputan di sektor riil, pasar modal, perbankan, Komisi Pemberantasan Korupsi, Mahkamah Konstitusi, Istana Wakil Presiden, dan Istana Presiden. Dari deretan pos liputan itu saya juga mendapat pengalaman dan gosip segudang, plus legitimasi untuk merutuki para pengambil kebijakan (terutama di dua pos terakhir), bahan obrolan saat nongkrong bareng teman-teman di ruang pers, warung kopi, Kopi Tiam Oey, Melly’s, mengalay di Seven Eleven (idiiiih), atau sembari nunggu antrian di Inul Vista.

Saya berselancar di deretan foto dengan kawan jurnalis dan.. senyum terkembang mengenang suka ria di sela liputan (momen ketika lagi berduka sih tentu nggak dipotret kamera, hahaha). Masih dua tahun lagi harus berlalu hingga saya kembali meliput negeri sendiri. Saat itu, semua pasti sudah berubah. Semoga ke arah yang lebih baik.

Pacific Place, Februari 2009
Pacific Place, tempat main jurnalis bursa yang sibuk dari satu konferensi pers ke konferensi pers lainnya di mal itu atau di Jalan Sudirman, Jakarta. Februari 2009.
Tengah malam di Bandung, Februari 2009
Tengah malam di Bandung, di sela liputan acara Bank Indonesia. Februari 2009.
KRL Bogor-Jakarta, Januari 2010
Bareng kawan Tempo menguasai segerbong KRL Bogor-Jakarta yang kosong. Jadi jurnalis harian berarti menikmati libur di hari orang lain kerja. Januari 2010.
Atap Mahkamah Konstitusi, Juni 2010
Atap Mahkamah Konstitusi, Juni 2010
Balai Sidang Jakarta, 2010
Balai Sidang Jakarta, 2010
Istana Bogor, Agustus 2010
Istana Bogor, Agustus 2010
Lompat-lompat di Istana Bogor, Agustus 2010
Lompat-lompat di Istana Bogor, Agustus 2010
Karaoke! Bareng kawan MK, Juli 2010
Karaoke! Bareng kawan MK, Juli 2010
Ngemper di Kantor Presiden, 2010/2011
Ngemper di Kantor Presiden nungguin Presiden kalian, 2010/2011.
Bandara Halim Perdanakusuma, Agustus 2011
Makan nasi kotak ayam galak andalan Istana di Bandara Halim Perdanakusuma, Agustus 2011.
Komentar via Facebook | Facebook comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *